// Toko Buku Buruh Membaca: Keselarasan dan Kejanggalan [pemikiran-pemikiran priyayi nasionalis jawa awal abad XX]

Keselarasan dan Kejanggalan [pemikiran-pemikiran priyayi nasionalis jawa awal abad XX]

Judul: Keselarasan dan Kejanggalan [pemikiran-pemikiran priyayi nasionalis Jawa abad ke XX]
Penulis: Savitri Scherer
Penerbit: Kobam
Kondisi: Segel punya
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Harga: Rp.

Keterangan 

Buku ini telah menjadi karya klasik untuk menelusuri jejak pemikiran mengenai awal Indonesia modern dan bangkitnya nasionalisme. Savitri Scherer, melalui penggambaran biografi tiga pemimpin terkemuka pionir nasionalisme pertama --Soetomo, Tjipto Mangoenskoesoemo dan Soewardi Soerjaningrat-- menggambarkan bagaimana mereka berada di depan, di tengah zaman awal kemodernan Indonesia awal abad XX berusaha memainkan
peranan sebagai pencipta lingkungan hari depan dengan cita-cita politik yang merupakan alternatif-alternatif terhadap konsep-konsep Barat yang semakin menyerap masuk dalam pikiran orang-orang Jawa.

Soetomo, Tjipto dan Soewardi aktif berpolitik -- baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri, baik dalam waktu yang sama maupun dalam masa yang berbeda -- membentuk dan meningkatkan kesadaran nasional masyarakat Jawa dan Indonesia pada umumnya. Mereka berperan mengemukakan dan menciptakan perubahan-perubahan masyarakat dengan menjelaskan dan menyebarkan pandangan-pandangan baru. Ketiganya telah memberikan wawasan yang sekular untuk pembentukan Indonesia modern, bergulat antara pola pemikiran Marxist dan pola pemikiran Islam seraya memberikan alternatif pemikiran khas yang didasari oleh pola budaya filsafat Jawa yang disesuaikan dengan dunia, serta waktu yang selalu bergerak sebagai basis gagasan pembaruan mereka.