Menalar Tuhan-Fransz Magnis Suseno

Judul: Menalar Tuhan
Penulis: Fransz Magnis Suseno
Penerbit: Kanisius
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Baru, segel
Harga: Rp. 65.000

Keterangan


Menalar Tuhan, itulah yang sejak permulaannya menjadi obsesi filsafat. Menggapai Tuhan melalui pikiran menjadi hasrat tertinggi filsafat sampai 200 tahun lalu. Di permulaan abad ke-21, pertanyaan tentang Tuhan masih tetap berada di pusat pemikiran para filsuf. Kemudian, di panggung filsafat muncul paham ateisme di mana Tuhan berada di luar batas-batas wacana rasional. Situasi ini menghadapkan manusia intelektual yang tetap percaya pada Tuhan dengan pertanyaan: Apakah imannya lebih dari sekedar warisan indah tradisi-tradisi
yang sudah berumur ribuan tahun? Apakah ia dapat mempertanggung jawabkan kepercayaan pad Allah secara rasional? Apakah masuk akal masih percaya kepada Tuhan?

Buku ini ditulis bagi mereka yang percaya kepada Tuhan dan juga bagi mereka yang tidak lagi percaya kepada Tuhan, tetapi dalm kejujuran intelektual ingin mendalami pertanyaan tentang dasar-dasar rasional kepercayaan akan Tuhan. Buku ini bukan mengenai agama, melainkan Tuhan, ya Allah bagi mnereka yang percaya pada satu Tuha yang mewahyuka diri. Buku ini termasuk filsafat. Sebagai filsafat, buku ini tidak mendasarkan diri pada keyakinan salah satu agama, melainkan semata-mata pada pertimbangan-pertimbangan nalar. Buku ini tidak mau "membuktikan" adanya Tuhan, melainkan menunjukkan bahwa di abad-21 pun manusia tetap dapat percaya kepada Tuhan tanpa harus menyangkal kejujuran intelektualnya.