Lenin - Teori dan Prakter Revolusioner (Christopher Hill)


Judul buku: Lenin -Teori dan Praktek Revolusioner
Penulis:
Christopper Hill
Penerbit:
Resist Book Yogyakarta 
ISBN:
979-609-7690
Jenis Cover: 
Soft Cover
Halaman:
222 halaman
Text Bahasa:
 Indonesia
Harga:
Rp. 50. 000



Pendiri Uni Soviet dan pembawa spirit Komunis Internasional ini, pemimpin partai Bolshevik dan pemimpin Revolusi Oktober Rusia, menjadikan teori Marxis sebagai pijakan untuk mengobarkan perjuangan revolusioner di seluruh dunia. Namanya patut disandingkan dengan Marx untuk menyebut ajaran yang dikembangkannya: Marxisme-Leninisme.

Buku ini menguraikan gagasan-gagasan Lenin dan perannya dalam
Revolusi Rusia 1917. Dalam buku ini Christopher Hill menjadikan Rusia sebagai rujukan, karena tanpa itu akan mustahil untuk memahami Lenin yang percaya bahwa teori dan praktek tidak bisa dipisahkan. Selain itu, Hill juga membandingkan sejarah Inggris, Perancis, dan Rusia sehingga dapat ditelusuri  gagasan Lenin dan kontribusi besarnya terhadap perkembangan Marxisme. Hill menunjukkan bagaimana Lenin mengkombinasikan Marxisme dengan tradisi-tradisi dan sejarah revolusi Rusia.

Buku ini juga mengulas gagasan-gagasan Lenin lainnya, terutama tentang imperialism, negara, pembangunan Sosialisme dan taktik-taktik revolusioner. Ditulis dengan gaya popular dan sederhana, buku ini tidak hanya berguna untuk menimba inspirasi bagi kalanga gerakan, tetapi juga bagi public luas untuk memeriksa kembali stigma-stigma yang dipropgandakan oleh pihak-pihak tertentu selama ini.

Ya, buku ini sangat brilian, analitik, dan seringkali sinis.  Christopher Hill adalah produk signifikan dari tradisi radikal Inggris, dan, melampaui yang lain, menjadikan Marxisme sebagai sentral bagi tradisi tersebut.

Demikianlah, ketika seorang sejarahwan Marxis seperti Hill dengan reputasi hebat sedang mencurahkan bakatnya untuk subyek yang begitu penting, hasilnya tak diragukan lagi akan sungguh memikat!