// Toko Buku Buruh Membaca: Sarinah-Ir. Soekarno

Sarinah-Ir. Soekarno

Judul: Sarinah
Penulis: Ir. Soekarno
Penerbit: Yayasan Bung Karno
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Baru, segel
Harga: Rp. 120.000

Keterangan


Buku Sarinah ini pertama kali terbit pada 1947. Isinya merupakan kumpulan bahan pengajaran Bung Karno dalam kursus wanita. Melalui buku ini, Bung Karno mengkritisi kebanyakan laki-laki yang masih memandang perempuan sebagai "suatu blasteran antara Dewi dan seorang tolol." Dipuji-puji bak Dewi sekaligus dianggap tolol dalam beberapa hal lainnya.

Meskipun juga tidak menyetujui gerakan feminisme yang kelewat
batas di Eropa saat itu, Bung Karno menekankan pentingnya bagi para wanita untuk mengambil bagian dalam pembangunan Negara Indonesia. kepada Sarinah-Sarinah masa kini, Bung Karno lantang berpesan, "Hai wanita-wanita Indonesia, jadilah revolusioner, - tiada kemenangan revolusioner, jika tiada wanita revolusioner, dan tiada wanita revolusioner, jika tiada pedoman revolusioner!"

Buku ini adalah "kado" Bung Karno but semua wanita Indonesia, sebagai pedoman untuk menjadi wanita revolusioner yang bahagia dan merdeka...


"Saya namakan kita ini Sarinah sebagai tanda terima kasih saya kepada pengasuh saya ketia saya masih kanak-kanak. Pengasuh saya bernama Sarinah. Ia "mbok" saya... Dari dia, saya banyak mendapat pelajaran mencintai 'orang kecil'. Dia sendiri pun 'orang kecil' tetapi budinya selalu besar!"