Sejarah Indonesia Modern - M.C. Ricklefs

Judul: Sejarah Indonesia Modern
Penulis: MC. Ricklefs
Penerbit: Gadjah Mada University
Cover: Softcover
Kondisi: Segel, baru
Bahasa: Indonesia
Harga: Rp. 95.000

Keterangan 


Penekanan seluruh isi buku ini adalah pada sejarah rakyat Indonesia. Baik cerita sejarah politik maupun permasalahan sosial, budaya dan ekonomi di bahas di dalamnya. Bab kepustakaan dimasukkan untuk memudahkan para pembaca menemukan hasil-hasil karya ilmiah yang paling mutakhir daalam masalah ini.


Di belakang struktur tersebut, buku ini mengajukan permasalahan
bagaimana komunitas-komunitas yang berbeda tetap mempunyai hubungan yang erat dalam linguistik dan etnik di nusantara ini, menjadi bangsa yang bersatu. Oleh karena itu, perhatian mula-mula diberikan terhadap pengaruh yang mendasari siatuasi era pasca 1300 dari sejarah Indonesia: persebaran islam; hubungan awal dengan bangsa Eropa; munculnya kerjaan-kerjaan baru di Indonesia, dan beraneka ragam tradisi budaya, kesastraan dan keagamaan oribumi. Kemudian dalam pergolakan abad XVII dan XVIII dianalisis perihal perang yang tidakmenentu untuk memperebutkan hegemoni antara kerjaan-kerjaan Indonesia dan belanda. Abad XIX menunjukkan pemaksaan pemerintahan kolonial Belanda secara setapak demi setapak di seluruh nusantara, dan abad XX dibuka dengan masalah-masalah baru yang pada saat ini telah umum bagi sebagian besar rakyat Indonesia. 

Kebangkitan kembali islam dan gerakan-gerakan anti-kolonial selanjutnya membantu mempersatukan Indonesia, suatu proses yang mencapai puncaknya dalam revolusi dan kemerdekaan. Sejak waktu itu, pemersauan Indonesia memungkinkan dicapainya banyak kemajuan, tetapi masih perlu adanya pencegahan munculnya masalah-masalah yang serius.

Tanoa prasangka politik dan eligius, dengan menggunakan baik sumber-sumber barat maupun Indonesia, sejarah ini membantu studi yang serius mengenai masa lampau maupun masa kini dari salah satu bangsa di Asia Tenggara yang molek dan penting ini.