The End of History and The Last Man-Francis Fukuyama [bahasa Indonesia]

Judul: The End of History
Penulis: Francis Fukuyama
Penerbit: Qalam
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Segel punya
Harga: Rp. 115.000

Francis Fukuyama, seorang akademisi, komentator politik, dan penasehat pemerintah Amerika Serikat, bahkan salah seorang Agen CIA, benar-benar telah menggemparkan dunia politik internasional ketika awal tahun 1990-an mendeklarasikan telah berakhirnya sejarah. Dengan tegas dia menyatakan bahwa runtuhnya Soviet dan ambruknya tembok Berlin adalah dua di antara sekian banyak pertanda signifikan telah terjadinya perubahan dramatis pasca Perang Dingin yang merepresentasikan secara akurat kemenangan kapitalisme dan demokrasi liberal di seluruh dunia. Dengan
mendasarkan argumennya pada tulisna-tulisan Kant, Hegel, dan pembacaan kritis terhadap Marx, dia meramalkan bahwa di penghujung sejarah dan masa depan tidak akan pernah lagi tersedia ruang bagi pertarungan antara ideologi besar, dan bahwa dia menyebut ini sebagai akhir dari matinya komunisme.

Sayangnya, krisis-krisis yang muncul berikutnya seperti pecahnya perang Teluk pada 1991, menandai runtuhnya thesis Francis Fukuyama. Bagaimanapun juga, buku ini patut dibaca bagi generasi pasca 98 untuk membangun kembali konstruksi berpikir akan keniscayaan kapitalisme sebagai akibat dari kontradiksi internalnya. Selamat membaca !