Marxisme dan Kritik Sastra-Terry Eagleton

Judul: Marxisme dan Kritik Sastra
Judul Asli: Marxism and Literary Criticism
Penulis: Terry Eagleton
Penerbit: Sumbu Jogjakarta
Cover: Softcover
Kondisi: Buku baru, POD
Harga: Rp. 50.000

Marxisme merupakan subyek yang cukup rumit, demikian juga halnya dengan kritik sastra Marxis. Namun dalam kajian yang cukup singkay ini, tidak mungkin membicarakan lebih dalam lagi selan memulainya dengan sejumlah isu-isu dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar. Buku ini sengaja dirancang dalam beberapa seri kajian pengantar ringkas. Bahayanya buku jenis ini
bisa membosankan tertama bagi pembaca yang terlebih dahulu sudah akrab dengan subyej yang akan dibicarakan dan memusingkan pembaca yang benar-benar baru dengan subyek tersebut. Saya berusaha mengungkapkannya sedekat mungkin guna mendapatkan pemahaman yang utuh, tapi setidaknya saya telah mencoba agar pembicaraannya tidak sampai membosankan atau menimbulkan teka-teki. 

Sayapun berusaha memaparkan topik ini sejelas mungkin, walau demikian dengan kesulitan yang ada padanya, tugas ini menjadi satu pekerjaan yang mudah. Namun, saya berharap agar kesulitan-kesulitan tersebut dapat menjadi subyek (pembicaraan) dari pada (subyek) uraian.