Etika Pembebasan-Soedjatmoko

Judul: Etika Pembebasan [ Pilihan Karangan tentang: Agama, Kebudayaan, Sejarah dan Ilmu Pengetahuan]
Penulis: Soedjatmoko
Penerbit: LP3ES
Cover: Softcover
Kondisi: Buku baru, POD
Harga: Rp. 80.000


Membaca tulisan Soedjatmoko hampir selalu berarti bergerak dalam pemikiran yang sangat luas dan berhadapan dengan masalah-masalah besar. Seseorang yang terbiasa dengan cara berpikir disipliner yang dengan ketat membatasi bidang persoalan dan perhatiannya, niscaya akan bingung mengikuti pembicara yang tanpa rasa canggung menguraikan masalah filsafat sejarah dan hubungannya dengan kemerdekaan nasional, kemudian pentingnya nasionalisme
dan keterbatasannya menghadapi gejala modernisasi, hingga persoalan kebutuhan pokok dan martabat manusia. Apakah masih mungkin bahwa pada zaman yang mengajukan tuntutan tinggi kepada keahlian atas suatu masalah khusus, bisa diharapkan bahwa seseorang dengan perhatian yang begitu terpencae dapat menghasilkan suatu pemikiran yang cukup berarti?

Menurut pandangan saya, pertanyaan tersebut hampir bisa dipastikan tidak relevan untuk cita rasa intelektual dan selera Soedjatmoko. Aksen dalam tulisan Soedjatmoko bukanlah pada usaha membangun suatu sistem pemikiran atau mengadakan pembaruan dan penerobosan dalam suatu disiplin ilmu, melainkan pada kesungguhan menghadapi persoalan.