Ruang Publik [ sebuah kajian tentang kategori masyarakat borjuis]

Judul: Ruang Publik
Penulis: Jurgen Habermas
Penerbit: Kreasi Wacana
Kondisi: Segel punya
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Harga: Rp. 80.000


Habermas dalam buku ini menyelidiki akar sosiologis dan historis terbentuknya aoa yang saat ini kita kenal dengan Offentlicheit atau ruang publik. Akar-akar tersebut dia lacak jauh sampai ke sejarah Prancis di penghujung Abad Tengah saat para bangsawan dan tuan tanah serta para satria sudah mengadakan pertemuan-pertemuan yang jadi cikal bakal bagi apa yang disebut ruang publik. Namuin yang paling mengesankan dari kajian Habermas ini adalah bahwa ruang publik sesuanggunya terbentuk dari kedai-kedai minum di Eropa abad Pencerahan, karena di tempat-tempat seperti inilah para saudagar dan kelas menengah lainnya membicarakan tentang masalah-masalah kemasyarakatan yang lebih luas. Di titik ini kita akan bertemu dengan apa yang dalam karya-karya Habermas

belakangan disebut kepentingan. 

Persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepentingan mereka disebarluaskan melalui media cetak dengan cara-cara komunikasi yang belum ada sebelumnya. Para pembaca dapat langsung menangkap bahwa gagasan dan teori Habermas tentang komunikasi sebenarnya berawal dari kajian tentang media massa dan pola komunikasi dalam rangka meneliti perubahan struktural ruang publik kelas borjuis di Eropa ini.


Kehadiran buku ini dalam edisi bahasa Indonesia adalah demi memperkaya khazanah pengetahuan khalayah pembaca menyangkut demokrasi dan ruang di mana kepentingan setiap pihak saling bertegangan, namun dikelola dengan cara dan media dan yang bisa diterima masing-masing pihak. Ruang publik yang di-idealkan Habermas adalah ruang di mana setiap masalah bisa dikomunikasikan tanpa kendala, bukan ruang di mana segalanya jadi boleh.