Kritik atas Rasio Fungsionalis - Jurgen Habermas [Buku dua]

Judul: Kritik atas Rasio Fungsionalis [buku dua]
Penulis: Jurgen Habermas
Penerbit: Kreasi Wacana
Kondisi: Segel punya, baru
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
Harga: Rp. 90.000


Keterangan

Sebagai kelanjutan dari Teori Tindakan Komunikatif: Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat, buku ini tidak lagi sekedar melakukan rekontruksi historis terhadap teori-teori klasik tentang masyarakat, namun mengerucutkan analisisnya pada sebuah kesimpulan: modernitas telah gagal.

Kegagalan ini terjadi bukan karena rasionalisasi tidak bisa menjalankan fungsinya menjaga keterkaitan elemen kognitif-intrumental dengan elemen moral-praktis dan ekspresif dalam kehidupan, namun kegagalan lebih diakibatkan karena rasionalisasi tidak bisa mengembangkan dan melembagakan seluruh dimensi rasio yang berbeda-beda secara apik. Ketidakhadiran institusi-institusi pelindung ruang privat dan ruang publik dari kolonisasi sistem administratif ekonomi-politik membuat interaksi-interaksi yang terstruktur secara komunikatif makin terpinggirkan. Serangan terhadap infrastruktur komunikatif masyarakat menyiratkan ancaman yang lebih besar ketimbang ketergantungan pada negara-kesejahteraan kapitalisme maju. Karena dengan begitu, ranah tindakan komunikatif dijadikan sekedar instrumen yang melahirkan ketergantungan lebih parah. Makin besar desakan sistem menggempur ranah tindakan komunikatif, maka reproduksi kehidupan sosial pun akan semakin mandeg.

Habermas menawarkan Teori Tindakan Komunikatif dengan tujuan: pertama mengembangkan rasionalitas yang tak lagi berpijak pada premis-premis subyektif filsafat dan teori-teori sosial modern, sebab premis-premis inilah yang menyebabkan terjajahnya dunia-kehidupan oleh rasio-instrumental. Kedua, mengkontruksi konsep masyarakat dua-level yang mengintegrasikan dunia-kehidupan dengan paradigma sistem yang tak lain merupakan paradigma anak kandung modernitas. Terakhir, memetakkan sebuah Teori Kritis tentang modernitas dengan membahas patologi-patologinya tanpa menampik proyek Pencerahan.

Itulah tawaran orisinal Habermas, seorang pemikir sosial utama Abad XX, yang dia paparkan dalam buku ini.