Sejarah Filsafat Barat-Bertrand Russell

Judul: Sejarah Filsafat Barat
Penulis: Bertrand Russell
Penerbit: Pustaka Pelajar
Cover: Softcover
Kondisi: Segel, baru
Harga: Rp. 210.000



Buku ini, Sejarah Filsafat Barat dan kaitannya dengan kondisi sosio-politik, zaman kuno hingga sekarang [History of Western Philosophy and its Connection with Political and Social Circumstances from the Earliest Time to the Present Day], merupakan buku Russell yang paling sukses dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Dalam buku ini Bertrand Russell berusaha mengaitkan sejarah filsafat [dunia pemikiran] dengan sejarah sosial, politik dan kemasyarakatan [dunia kenyataan]. Dengan data valid, Russel membahas sosok para filsuf yang mempunyai kontribusi besar dalam peradaban manusia dan merinci ide-ide dasar,

pemikiran-pemikiran, pengaruhnya terhadap masyarakat dan para filsuf berikutnya. Juga, dimasukkan bab-bab khusus mengenai sejarah sosial murni, yang dmaksudkan untuk melihat kaitan antara seorang filsuf, pemikiran dan kondisi sosial politiknya.


Buku ini terdiri dari tiga bagian besar. Bagian I membahas Filsafat Kuno, yang meliputi Filsafat Pra-Sokratik, Sokrates-Plato-Aristoteles, dan filsafat kuno setelah Aristoteles [terdiri dari 3 bagian dan 30 bab]. Bagian II membahas Filsafat Katholik, yang meliputi Para Bapa dan para filsuf Abad Pertengahan [terdiri dari 2 bagian dan 15 bab]. Bagian III membahas Filsafat Modern, yang mencakup pembahasan tentang filsafat dari Renaisan hingga Hume, dan dari Rousseau hingga pada filsuf abad ini [terdiri dari 2 bagian dan 31 bab].