Anti-Duhring (Frederick Engels)

Judul : Anti Duhring
Penulis : Friederick Engels
Penerbit: Hasta Mitra - Ultimus
Teks bahasa : Indonesia
Harga : Rp. 100.000

Anti-Duhring adalah karya polemik Engels yang ditujukan kepada Dühring, seorang ideolog borjuis kecil JermanBuku ini berisi penjelasan yang komprehensif dari tiga bagian penting dalam Marxisme.

Anti-Duhring  terdiri dari pendahuluan dan tiga bab utama: "Filsafat, "Ekonomi Politik, dan "Sosialisme"Dalam pendahuluan, Engels membuat sketsa mengenai
 perkembangan filsafat dan menunjukkan bahwa kelahiran Marxisme merupakan keniscayaan sejarahDia memperlihatkan suksesi reguler dari periode penting sejarah filsafat dan memberikan kesimpulan bahwa gagasan materialis dalam bidang sejarah telah menciptakan dasar yang ilmiah dalam studi mengenai modus produksi kapitalis. Menurut Engels, berkat dua penemuan besar dari Marx—konsepsi materialis mengenai sejarah dan teori nilai lebih’—sosialisme ditransformasikan dari ide yang utopis menjadi pengetahuan yang ilmiah.

Pada bagian pertama, Engels mengupas problem penting dari materialisme dan dialektika, dan juga konsepsi materialis mengenai sejarah. Di bab lainnya, yakni bab 3, Engels mengupas mengenai kesadaran manusia. Kesadaran, tulis Engels, adalah produk dari otak manusia, sedangkan manusia itu sendiri adalah produk dari alam dan masyarakat. Dan pemikiran, lanjutnya, adalah refleksi dari pengalaman.

Anti-Duhring adalah puncak dari tiga dekade perkembangan Marxisme. Ide-ide dalam Anti-Duhring kemudian dikembangkan oleh Engels dalam Dialectics of Nature, The Origin of the Family, Private Property and the State, dan Ludwig Feuerbach and the End of Classical German Philosophydan selanjutnya oleh Lenin dan Trotsky.

Dapatkan segera buku ini di TB. Buruh Membaca. (JSA)