Kondisi Kelas Pekerja di Inggris (Friedrich Engels)

Judul Buku: Kondisi Kelas Pekerja di Inggris
Penulis: Friedrich Engels

Penerbit: Pustaka Nusantara
Teks Bahasa: Indonesia
Harga: Rp 45.000



Ini buku yang sangat menarik untuk dibaca, karena mengungkapkan data empiris mengenai eksploitasi kelas pekerja di Inggris yang secara langsung diamati oleh Engels muda—pada tahun 1840-an—hingga sampai pada kesimpulan bahwa, menurut Engels, revolusi proletar diperlukan.
Engels menulis buku ini ketika berumur 24 tahun, ketika bekerja di pabrik kapas milik ayahnya di Manchester, Inggris. Pada saat itu ia sedang terpikat dengan filsafat Hegel berkat komunikasinya dengan kaum demokrat muda Eropa masa itu. Kaum demokrat tersebut adalah sekelompok Intelektual muda yang Ingin menerapkan dialektika Hegel sebagai obor terhadap bangunan politik dan agama yang ada.



Selama perjalanan ke Cologne pada tahun 1841, Engels bertemu dengan para editor Rheinische Zeitung, sebuah surat kabar yang didirikan oleh para industrialis radikal untuk menyebarkan gagasan liberal mereka, yakni ide mengenai perdagangan bebas. Surat kabar itu didirikan oleh seorang Hegelian muda yang bernama Musa Hess, yang memiliki julukan "Rabi Merah". Komunisme Hess dipengaruhi oleh sosialisme utopis Saint Simon, pendahulu dari sosialisme ilmiah Marx dan Engels. Hess bertemu dengan Engels muda dan menulis tentang pertemuan mereka, "Kami Bicara tentang berbagai masalah seharian. Dan Engels adalah seorang komunis yang sangat bergairah."



Kondisi Kelas Pekerja di Inggris  adalah buku pertama Engels, ditulis selama tinggal di Manchester tahun 18421844. Manchester kemudian kemudian menjadi jantung dari Revolusi Industri, dan Engels menyusun studinya dari pengamatannya sendiri dan dari laporan-laporan yang detail. Engels berpandangan bahwa Revolusi Industri telah membuat pekerja lebih buruk.  Dalam bab pembukaan, "Kota-Kota Besar", Engels menggambarkan suatu alienasi yang menimpa London tahun 1840; perlakuan brutal dan isolasi tak berperasaan yang semakin menjijikkan.

Buku ini merupakan cacatan klasik mengenai kondisi universal dari kelas pekerja. Putra tertua dari seorang industrialis tekstil yang sukses Jerman, Engels, terlibat dalam jurnalisme radikal di masa mudanya. Apa yang dilihatnya di Inggris membuatnya menjadi seorang pemuda yang radikal dan revolusioner. Dan kemudian, sepanjang hidupnya diabdikan untuk menjadi kawan sejati Marx dalam membangun Sosialisme Ilmiah.

Dapatkan buku ini di TB. Buruh Membaca. (JSA)